Minggu, 26 September 2021

Diagnosa Kesatu..

Diagnosa Pertama saat pulang dari RS adalah TIA dan RA ( Rheumathoid Arthritis yg memang sedang ku alamai sebelumnya) .
Dikarnakan masuk RS nya karen kaku sebadan diawali kesemutan di pipi, maka saya ditangani oleh dokter syaraf RS tersebut. Setelah dirawat , dihari pertamapun Alhmdulillah kebas nya udh mulai hilang, dan sudah tidak kaku lagi. Hari ketiga sudah boleh pulang. Saat melihat surat lepas rawat dr RS dengan diagnosa tersebut sempet bingung penyakit apa tuh TIA. Akhirnya ku cari tau itu klo bahasa mudahnya katanya Struk Selintas.
Deg.. langsung dada berdebar, struk? Speachless..
Tapi dokter syaraf nya ga membuat takut, beliau hanya bilang kurang lancar aja peredaran darah nya.

Apa itu stroke selintas (Transient Ischemic Attack)?

Transient ischemic attack (TIA) atau yang lebih dikenal dengan stroke selintas /ringan merupakan gangguan fungsi otak dalam sesaat yang disebabkan oleh terhambatnya aliran darah yang mengarah ke bagian otak.

Serangan stroke ringan hanya berlangsung dalam waktu kurang dari 24 jam, atau bahkan hanya terjadi dalam beberapa menit, sehingga tidak menyebabkan kerusakan otak permanen.

Kondisi ini menyebabkan sistem saraf otak tidak mendapatkan pasokan darah dan oksigen yang cukup dalam beberapa waktu, sehingga menyebabkan gangguan pada indera, kemampuan kognitif otak, dan sistem motorik.

Gejala TIA ini serupa dengan gejala pada penyakit stroke pada umumnya yang dapat menimbulkan kelemahan atau rasa kebas pada di salah satu sisi tubuh, terutama pada bagian wajah, lengan, dan kaki.

Meskipun gejala TIA hanya berlangsung singkat dan dapat menghilang dengan sendirinya, kondisi tersebut tetap tidak bisa diabaikan. Pasalnya, orang yang mengalami stroke ringan berisiko tinggi untuk terkena serangan stroke yang sebenarnya.



Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala dari TIA?

Penyakit ini memiliki gejala yang identik dengan penyakit stroke secara umum yang kerap muncul dengan cepat secara tiba-tiba.

Salah satu karakteristik yang paling membedakan adalah gejala TIA hanya muncul dalam beberapa saat dan akan hilang dengan sendirinya.

Dalam kebanyakan kasus gejala hanya berlangsung kurang dari sepuluh menit dan hilang dalam waktu kurang dari 24 jam.

Gejala yang ditunjukkan sebenarnya sangat bervariasi bergantung dari bagian otak yang terpengaruh dari penyumbatan aliran darah.

Namun, secara umum TIA memengaruhi bagian otak yang mengontrol sistem motorik, kemampuan berpikir, dan indera penglihatan.

Berikut ini merupakan daftar gejala stroke ringan yang paling umum dialami:
• Pusing dan kehilangan keseimbangan secara mendadak
• Mengalami kelemahan otot pada satu sisi tubuh terutama pada bagian wajah lengan dan kaki
• Mengalami kelumpuhan atau rasa kebas pada satu sisi tubuh terutama pada bagian wajah, lengan, atau kaki
• Kebingungan atau kesulitan memahami perkataan orang lain
• Mengalami gangguan penglihatan seperti rabun, penglihatan ganda, atau kebutaan pada salah satu atau kedua mata
• Sakit kepala parah tanpa diketahui penyebab pastinya
• Kesulitan untuk berbicara sehingga artikulasi menjadi tidak jelas
• Kesulitan untuk mengatur koordinasi sistem gerak tubuh
• Kesulitan berjalan dan bergerak
• Kesulitan menelan makanan


Itu beberapa informasi yang ku dapat dari mbah google terkait TIA. Meskipun dokter mendiagnosa TIA, tapi beliau jg masih nyuruh kontrol lagi untuk memastikan, karna dari indikasi yg ada, biasanya klo TIA itu kebas/kakunya hanya sebelah dari bagian tubuh. 
Ada sedikit ketenangan, meskipun begitu, Ya bismillah saja, ini kuanggap teguran agar ku lebih menjaga pola makan dan hidup lebih sehat lagi. 
Pulang dari RS kaki msh berasa kaku, karna tidak terfokus penyembuhan ke kaki nya hanya ke kebas dan kaku2 badanya, terkait RA nya harus kontrol lagi ke dokter penyakit dalam.
Akhirnya pulang dan ketemu keluarga lagii... 🤗

Jumat, 10 September 2021

Kesemutan Seluruh Badan

Sore itu, ku merasa kesemutan pipi, pada awalnya ku berfikir hal biasa karna memang dulu pernah jg kesemutan pipi dan biasanya hilang lagi seketika.
Sampai 10menit kok kesemutannya ga hilang, malah menjalar ke leher, buru2 ku kompres dg air hangat alhasil tetap tidak hilang malah semakin menjalar ke ujung kepala seperti ada semut menggerayangi seluruh kepala, dari leher pun mulai menjalar ke tangan. 
Saat itu ku buru2 wa dokter orthopedi yg sebelumny siang tadi kutemui untuk memeriksakan kondisi lutut yg sedang mengalami radang sendi (Rheumatoid Atritis). Ku tanyakan ke beliau apakah ini gara2 obat yg ku minum? Karena sebelumnya aku baru meminum obat yg baru dikasi dokter tersebut, dokter bilang kemungkinan tidak ada hubunganya dg obat karna obat nya pun obat biasa dan dokter menyarankan untuk segera ke IGD agar bisa langsung ditangani oleh dokter saraf. Awalnya aku berfikir untuk liat dulu deh semalam ini kalo masih kesemutan baru besok mau ke RS, (jujur aku tuh takut klo yg berhubungan dengan rumahsakit) tapi, kondisi berkehendak lain , setelah shalat magrib dadaku mulai terasa sesak karna kesemutan nya menjalar terus ke dada. Suami bilang kita langsung ke RS aja periksa, ku juga wa adiku yg bekerja di RS yg menyarankan lgs ke IGD RS tempat dia bekerja. Setelah magrib, setelah anak2 ngaji, aku pamit sama anak2 "bunda kesemutan nya bikin sakit, mau periksa ke dokter dulu, jangan pada rewel yah nurut sama teteh yg jaga, nanti klo mau tidur bareng2 dulu aja dikamar tengah", Alhamdulillah anak2 mengerti.
Diperjalanan mau ke RS, badan bener2 merasa kaku tangan susah digerakin, jari2 berdempetan kaku, ku coba lawan dg memaksa menggerak2an, dan yg paling buat ku kaget tiba2 mulut kaku gabisa bergerak mata hampir mau ketutup, suami ku menenangkan dan nyetirnya udh kaya ambulance , ku terus berdoa dalam hati sambil mencoba bergerak karna ga mau sampai ku gabisa gerak. Ya Allah perjalanan itu berasa jauh banget, ke RS ga sampai-sampai padahal jarak RS sebenrnya ga terlalu jauh. Ingin cepet nyampe RS ingin cepet diobatin, ga mau seperti ini, anak2 gimana, pikiran ku udah kemana2, suami terus nenangin jangan berfikir macem2, bedoa..

Nyampe rumah sakit, ku langsung ditangani suster2 RS, di cek tensi, saturasi, dll, setelah suami urus pendaftaran, ku langsung masuk ruang IGD, selang oksigen sudah mulai masuk ke hidung. Masih bisa ku membuka mata, suasana IGD RS alhmdulillah ga terlalu ramai pasien, ku ga bisa tidur terlentang rasa nya engap bgt nafasnya klo terlentang akhirnya ku setengah duduk. Badan udh mulai berasa kaku sampai kaki.

Disaat badan kaku dari ujung rambut sampai kaki berasa ada semut yg merongrong muter2 di otak, ke mulut sampai ga bs berkata, ke dada yg membuat susah bernafas, tangan kaku gemetar, sampai kaki kaku tak bs bergerak, badan tak kuasa terlentang krna seesak. Ingin rasanya melawan paksa bergerak tapi tak kuasa rasa sakitnya, akhirnya pasrah, hanya itu yg bisa dilakukan. Seperti Membiarkan rongrongan semut dan ketegangan saraf di seluruh tubuh bergejolak, nafas panjangpun tak bisa, Alhmdulillah telinga msh bs mendengar, mata terpejam tapi tak tidur, alat infusan berisi obat sudah masuk di tangan sebelah kiri. Beruntung ada suami dan adik yg selalu membisikan Sabar, pasrah, berdoa, dan memegang tangan yg kaku agar tdk terlalu tegang. 
Akhirnya ku hanya bisa berdoa, dan Yakin akan Tubuh ku, Tubuh kita diciptakan Allah sempurna, Tubuh kita lebih tau apa yg harus dilakukan. Semua karna Mu Ya Allah. Beri aku kesempatan untuk Sehat Kembali, beri aku kesempatan untuk berkumpul dengan anak2 ku, dengan keluargaku. Berdzikir, terus menyebut Namanya..hanya itu yg ada difikiranku. Ku mendengar suami menghubungi mamaku yg ditasik, dalam hati mama pasti panik dan kaget kalo tau aku seperti ini, dan betul mamaku langsung berangkat dari tasik bersama papa dan adikku malam itu juga. 
ENtah beberapa menit berlalu, badan berasa pegel apalagi bagian belakang rasanya pegel banget seperti orng duduk kelamaan sampai berasa panas, akhirnya ku maksakan badanku untuk bergerak miring ke sebelah kiri, Alhmdulillah bisa digerakan, meskipun tangan masih kaku dan rongrongan seperti semut masih berasa disekujur tubuh. Lambat laun ku mencoba perlahan menggerakan beberapa anggota tubuh lainnya. Subhanallah kuasa Allah, mulut yg asalnya kaku sudah bisa membuka lebar lagi, ku coba berbicara sudah bisa, tangan sudah mampu ku angkat bergerak, jari2 sudah bisa ku tekuk, nafas sudah bisa ku atur meskipun masih tersengal-sengal, kaki sudah bisa ku gerak gerak ujungnya walaupun kaki kiri ku khususnya bagian lutut masih berasa kaku. Karna sebelumnya memang kaki kiri ku sedang mengalami radang sendi ( autoimun rheumathoid atrithis) . [Cerita tentang autoimun ku nanti ku ceritain detail di cerita berikutnya ya].
Alhamadulillah syukur tak terhingga, meskipun rongrongan seperti semut itu masih ada khusuny dari bagian kepala sampai tangan, ku bersyukur sudah melewati masa masa dimana tak mampu berbuat apa2 hanya bisa pasrah pada Allah. Suami dan adik ipar ku senantiasa sigap menemaniku dan memberi semangat, setelah ku mulai membaik, ku mulai pemeriksaan lanjutan denga ct scan dari kepala, dada, dan pengambilan darah. Untuk dilakukan observasi penyakitnya. Dokter penanggung jawabnya adalah dokter Saraf, karna kesemutan ini berkaitan dengan saraf.
Beberapa jam berlangsung masih diruang IGD karna badanku msh berasa kaku sebagian, dan diputuskan harus dirawat . Pikirannku anak2 gmn, tapi Alhmdulillahnya anak2 udh tidur sama teteh penjaganya kata suami. Kami masih menunggu hasil pemeriksaan , sambil menunggu kamar perawatan siap. Saat ku udh bisa mulai bicara ku menelp mamah agar tidak terlalu khawatir. 
Masa- masa kritis itu Alhamdulillah sudah terlewati, mukzizat dan keajaiban Allah yang Allah sampaikan melalui alat2 dan obat medis serta doa dari semuanya. Alhamdulillah Allah masih memberikan kesempatan untuk dapat menggunakan badanku lagi...

Next ku ceritain pengobatan dan diagnosa nya..

Rabu, 09 November 2011

Senang dan terharu saat melihat Aceh

Aceh..
Yang terbersit pertama pasti kejadian Tsunami yang melanda..
Alhmadulillah ku berkesempatan untuk pergi ke Aceh dalam rangka Sosialisasi SIM PUAP Kementerian Pertanian.
Aku pergi bersama satu orang rekanku.
Kami berangkat pagi dari Jakarta dan sampai di Aceh sekitar jam 11 siang.
Kegiatan ku selama di Aceh....
1. Sosialisasi SIM PUAP

Pada sosialisasi ini saya mengajarkan bagaimana cara mengoperasikan Aplikasi SIM PUAP kepada para PMT dan petugas BPTP Aceh. Antusias mereka cukup ada, hanya kendala terbesar paling di fasilitas komputer yang minim dan koneksi internet.

2. Menyempatkan Berkeliling Aceh

Gambar Paling atas itu pantai Toli-toli (kalo ga salah:D) biasanya orang ramai berolahraga dipinggir pantai setiap paginya. tapi saat ada tsunami pantai ini jugalah yang menumpahkan air ke daratan..:(

Gambar yang kedua Museum Tsunami, disana terdapat foto" saat bncana Tsunami itu. hiks.. miris melihatnya...

gambar ke tiga adalah Gambar kapal PLN yang terdampar ditengah-tengah pemukiman warga setelah bencana Tsunami itu melanda Aceh.
Saat kemaren kesana kapal tersebut lagi diperbaiki, dan kata warga setempat katanya mau dijadikan tempat wisata gt.

3. Menyempatkan makan Mie Aceh
Rasanya Hmm....Enakkk....Mantebbb...tp kurang pedesss...hehehehe

Setelah semua pekerjaan di Aceh selesai, dan berkeliling-keliling pun selesai..
Akhirnya saya dan rekan kerja saya (bu lilli) bersipa pulang ke jakarta.
dan kamipun pulang ke Jakarta dengan Pesawat Jam 5 pagi dari Banda Aceh..
Alhamdulillah Kembali dengan selamat ke Jakarta.

^^

Syukurku dalam Pekerjaanku...Alhamdulillah...^^

Indahnya Bersyukur..
Bersyukur mendorong kita untuk bergerak maju dengan penuh antusias.
Tak ada yang meringankan hidup kita selain sikap bersyukur.

Hal yang sering membuat kita tidak bersyukur adalah karena kita sering memfokuskan diri pada apa yang kita inginkan, bukan pada apa yang kita miliki.
Bersyukur yang paling sederhana adalah mengucapkan Alhamdulillah..

Alhamdulillah...
Kata pertama yang kuucapkan...

Dalam suatu pekerjaan pasti ada suka dan duka..
Ada pasang dan surutnya...
Selalu ada cerita..

Pekerjaan ku mengantarkanku untuk menikmati sebagian dari kehidupan ini. Baik kenikmatan yang menyenangkan ataupun kenikmatan yang kurang menyenangkan.
Kesempatan ku untuk menimba ilmu sebanyak"nya selalu datang menghampiri.
Walaupu terkadang mengeluh karna pekerjaan yg menumpuk...:D
Terkadang ada rekan kerja yg kurang bersahabat.
dan seterusnya,,,
Tapi semua kusyukuri...
Alhamdulillah ya...^^

Salah satu yang kusyukuri dalam pekerjaanku adalah Kesempatan Menikmati Indahnya Indonesia.
Alhamdulillah...
Selama kurang lebih hampir 2 tahun, ku sudah diberi kesempatan untuk bertugas ke beberapa tempat di Indonesia. Banyak pelajaran yang kudapat, dari mulai bagaimana caranya mengajar teman" di daerah dengan berbagai karakter, sampai terjun langsung ke kebun-kebun para petani.

Alhamdulillah....

Hidup ini akan terasa lebih bermakna dan bila kita dapat menikmati apa yang kita miliki. Karena itu bersyukur merupakan kualitas hati yang tertinggi.

Rabu, 12 Oktober 2011

bermain 3d Max...

Hasil Karya pertama bermain dengan 3dmax..hehehehehe..
1. Tempat peragaan busana




Terdiri dari balok" yang disatukan sedemikian rupa hingga terjadi gambar 3 dimensi yang membentuk suatu kesatuan dengan sentuhan snaps pada autodesk 3dmax tersebut. Terlihat seperti kursi yang terdapat pada gambar diatas dan catwalk yang berwarna pink tersebut...hihihi....




2. Ruang Tamu




created by : Hafhara...^^



Senin, 12 September 2011

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan untuk menikah?

.....Ada hal yang sangat penting harus dimiliki oleh pasangan sebelum memutuskan untuk menikah. Karena pernikahan yang baik adalah sekali seumur hidup, apalagi nantinya akan ada anak-anak yang akan dilahirkan dan berhak memperoleh kebahagiaan mendapatkan kasih sayang dari kedua orangtua secara utuh.

1.Siap mental

Kesiapan mental perlu dimiliki oleh pasangan yang akan menikah, karena menikah adalah seperti melangkah ke gerbang kemandirian. Menikah adalah awal hidup baru, yang sangat jauh berbeda dari kehidupan sebelumnya, yang selalu terlindung dari orangtua dan keluarga lainnya. Jangan sampai keinginan menikah karena ingin lepas dari segala keruwetan, sehingga dengan menikah diharapkan semua beban terlepas. Menikah, walau telah mengenal calon pasangan dengan baik, tapi tetap ada sifat-sifat yang belum terlihat, yang memerlukan penyesuaian. Penyesuaian ini kadang terlaksana dalam waktu dekat, tapi ada juga yang mengatakan bahwa dua tahun di awal pernikahan adalah tahun untuk saling menyesuaikan, banyak hal yang diperdebatkan dan dipertentangkan disini. Perdebatan dan pertentangan ini jangan dianggap tidak cocok, namun untuk mendapatkan persepsi yang sama.

2.Telah mempunyai penghasilan


Berani menikah, berarti berani hidup sendiri tak tergantung pada orang tua. Oleh karena itu hendaknya pasangan telah mempunyai penghasilan yang mencukupi untuk kehidupan sehari-hari, dan tentu saja dengan tambahan anggota baru (anak) nantinya. Walaupun sama-sama cinta, tak berarti menikah hanya didasarkan oleh cinta saja, karena untuk membiayai rumah tangga diperlukan keuangan yang cukup agar rumah tangga terselenggara dengan baik.

3.Kedua pasangan mempunyai cara pandang dalam menilai kehidupan yang sama.


Hal ini sangat penting, misalkan salah satu pasangan sangat berhati-hati dalam memutuskan sesuatu, sedang yang lain pengeluaran uang tak dipikirkan masak-masak, hal ini akan menimbulkan pertentangan yang terus menerus. Perlu diskusi yang terus menerus untuk menyamakan pendapat, agar nantinya suami isteri mempunyai pandangan yang sama. Karena hal ini berperanan dalam cara mendidik anak, karena diharapkan orangtua mempunyai disiplin sama dalam menentukan hal-hal yang boleh dan tak boleh dilakukan oleh anak.

4.Menikah adalah percampuran budaya antara dua keluarga


Hal ini perlu disadari oleh kedua pasangan, karena walaupun berasal dari suku dan kepercayaan yang sama, bisa terjadi perbedaan pandangan, apalagi pernikahan yang dilakukan oleh pasangan yang berbeda latar belakang. Pasangan harus bisa bertindak dewasa, menyikapi perbedaan pandangan antara kedua orangtua, tanpa memihak salah satu diantaranya. Pasangan harus mempunyai keyakinan, apa yang diinginkan berdua, itulah yang seharusnya diyakinkan pada kedua orangtua, bahwa mereka sekarang telah menjadi satu keluarga yang baru, yang mungkin berbeda dalam cara memandang, dan menilai sesuatu dibanding kedua orangtuanya.


[sumber: http://edratna.wordpress.com/]


Jumat, 18 Februari 2011

Takuuutt,,,,,,,

Ku tahu kamu bosan ku tahu kamu jenuh
Ku tahu kamu tak tahan lagi
Ini semua salahku ini semua sebabku
Ku tahu kamu tak tahan lagi

Jangan sedih jangan sedih aku pasti setia

Aku takut kamu pergi
Kamu hilang kamu sakit
Aku ingin kau di sini
Di sampingku selamanya

Jangan takut jangan sedih aku pasti setia

Aku takut kamu pergi
Kamu hilang kamu sakit
Aku ingin kau di sini
Di sampingku selamanya

Aku ingin kau di sini
Di sampingku selamanya

Aku takut jangan takut kamu pergi takkan pergi
Kamu hilang wooo kamu sakit
Aku ingin aku juga kau di sini bersamamu
Di sampingku di sampingmu selamanya

[viera]